Surga itu Dekat, Bahagia itu Sederhana

Kemarin, Sabtu 24/08 secara tumben banget aku punya jadwal libur di tengah praktik klinik yang bagiku akan menjadi pekan libur yang panjang banget. Memang hanya sehari sih, tapi bagiku panjang banget. Apalagi aku lagi males menjadwalkan untuk mengerjakan sesuatu. Awalnya pagi kemarin aku beranjak dari kasur dan mulai olahraga lari seperti biasa. Tapi entah mengapa malah jatuhnya males banget. Alhasil beli nasi pecel di depan rumah dan sarapan deh. Dilanjut bersih-bersih dan nonton film.

Okeh, disini yang akan aku ceritakan adalah ketumbenan banget Mama aku nggak lagi ada jadwal pergi kemana-mana. Jadwal kerja, jadwal pergi sama temen, dan lain sebagainya. Padahal ini hari Sabtu. Sabtu bagi Mama adalah hari sibuk kecuali Minggu. Abis asik nonton film nggak kerasa udah dhuhuran aja, baru deh sholat dan timbulah perasaan gatelku yang nggak bisa diem dirumah sebentar ajaa.

Aku punya rencana sore ini bakal lari sebagai ganti tadi pagi. Dan pengen banget pergi ke Kodam buat makan Roti John. Tapi gila juga kan kalo aku ke Kodam sendirian beli Roti John sebesar itu. Daaan, yaa! Aku bermaksud buat ngajak Mama ikut aku. Pertama udah pasti mama nolak sih. Karna yang pertama Mama nggak pernah olahraga, kedua biasanya ada jadwal dadakan. Dan kalian tau enggak, sebelum aku ngajak Mama aku berdo’a dulu dong waktu sholat dhuhur, hahaha. 

“Ma…”, “Apa?”, “Keluar yuk Ma, nanti sore?”, “Kemana?”, “ke Kodam. Ada Roti uenak Ma. Gede, panjang gitu rotinya, isinya daging sama keju”, “Kamu itu tadi pagi diajak keluar nggak mau. Sekarang ngajak keluar”, “Ya kalo pagi emang mau pergi kemana Ma? Mall juga belum buka”. Dan Mama cuman diem. Yah… bau bau nggak bakal mau diajak nih.

Nggak lama Mama dapet telfon dari temennya buat ngajak keluar. Eh tapi aku denger kalo Mama nolak lho! Mama bilang kalo mau nganter anaknya ke daerah Gunung Sari. WAH! Senenglah! Haha. Terus terus aku bujuk Mama lagi.

“Ma, mama mau nggak sekali iniii aja aku ajak sehat? Hehe”, “Lari?”, “Iya? Hahaha”. Udah deh deg-deg an aja buat ditolak. “Iya ntar berangkat abis Ashar aja kalo gitu”. GILA! Di jawab dong. Di iya in wkwkwk. Emang sih aku kelihatan berlebihan, padahal cuman gitu doang. Cuman kalian coba buat ngajak orang tua kalian buat olahraga, atau keluar kuliner berdua gitu. Aku jamin deh banyak nggak maunya. Yang alesan udah tualah, alesan mau masak, mau bersih bersih rumah, ngantuk, dan lain sebagainya. Yakan? Apalagi Mama, seorang emak emak. Hadeh, paling susah lah.

Betapa senengnya aku, SUMPAH. Hahaha. Terus disela waktu nunggu ashar, nggak biasanya aku tidurdi kasur Mama. Cuman buat cerita dan curhat tentang beberapa kejadian di kampus, orang-orang yang lagi dekat dengan aku, tentang kegiatan praktek klinik, dan lain sebagainya. 

Kalian tau nggak, berbiacara dengan anggota keluarga, saling bertukar cerita sebenernya adalah bentuk terapi sederhana untuk diri kita mengasingkan diri dari hiruk pikuk kegiatan sehari-hari, dari masalah-masalah yang sedang kita hadapi dan lain sebagainya. Ada perasaan tenang yang nggak bisa kita dapatkan di tempat lain. 
Ada perasaan lebih leluasa bercerita dari pada bercerita di tenpat lain. Terkadang memang frekuensi kita nggak sama dengan beberapa anggota keluarga, Mama contohnya. Terkadang model pemikiran jadul mereka masih kebawa dalam menanggapi cerita kita. Tapi percayalah, sesusah apapun berkomunikasi dengan mereka, tapi cuman merekalah kita bisa menemukan rumah bagi hati yang sedang lelah.

Ashar berkumandang, akhirnya aku lekas beranjak sholat. Ganti baju, menyiapkan bekal minum dan dompet yang sengaja aku kosongkan hari ini. Akan aku isi seratus ribu rupiah saja. Kan ada Mama, hahaha. Singkat cerita sampeklah kita di lapangan Thor Surabaya. Aku berasa seneeng banget akhirnya bisa ajak Mama olahraga. Atau lebih ke olahraga bareng Mama. 


Pertama kita pemanasan, setelah itu kita jalan seperempat putaran, dan kemudian lari kecil di lintasan 800 meter. Pelan banget larinya. Ya, maklum lah bawa emak emak yang pertama kali lari dari sekian lama abad berlalu. Satu puteran lewat, “Sek sek tunggu, jalan dulu”, sambil menggos menggos. Hahaha. Aku ketawa dan lihat ekspresi Mama yang nyengir. Bagus Ma, satu putaran 800 meter selesai. Sambil lari kita bincang-bincang juga tentang anak kecil, orang tua, kakek nenek beserta cucu cucunya, anak muda dengan pasangannya yang mereka berolahraga juga disana. Wajah Mama keliatan lebih tenang sih waktu melihat mereka-mereka ini. 

Olahraga itu, sejenak berhenti dari Handphone, sejenak bodo amat dengan dunia kita, sejenak me time, dan sejenak berhenti mikirin orang lain. Olahraga itu sejenak memikirkan diri sendiri buat sehat, sejenak bersyukur saat melihat mereka yang lain punya semangat sefrekuensi untuk sehat, dan sejenak bergaul dengan dunia sesungguhnya. Ada keringat, ada angin, ada cahaya, ada kebisingan, yang ngebuat kita merasa asing tapi tenang di tengah keramaian. Entahlah, ada perasaan yang tidak bisa digambarkan.


Saat itu, ditengah temen-temen asik bergiat di kampus di hari Sabtu, asik mengerjakan laporan pendahuluan untuk hari Senin, dan disaat temen-temen jalan-jalan menghibur diri di hari Sabtunya, aku justru lebih bahagia disini bersama Mama. Biarkan yang lain memproduktifkan diri di kampus, biarkan yang lain jalan-jalan di Mall bareng sahabat. Aku sudah pernah merasakan itu semua. Tapi hari ini olahrga sama Mama… nggak semua orang punya rejeki demikian. Entah karna kesibukannya menjadi mahasiswa, kesibukan orang tuanya bekerja, atau memang hal lainnya. Bahagia itu se-Sederhana itu.

Niat aku ngajak Mama lari bukan untuk apa, tapi memang pengen banget rasanya bisa sehat bersama. Andaikan kita bisa full time sekeluarga rutin olahraga bareng, setelah itu cari sarapan bareng, ditengah-tengah makan di warung lesehan kita sharing bareng, katawa-ketiwi, terus kita kulineran bareng, nyobain jajanan-jajanan yang dijual disekitar sana. Aku bersyukur hari ini, dimana beberapa tahun yang lalu merantau untuk sekolah adalah cita-citaku. Justru sekarang ditengah kesibukanku menjadi mahasiswa aktif, aku masih bisa pulang ke rumah, makan masakan enak Mama, ketemu 24 jam sewaktu waktu sama keluarga, jalan-jalan di akhir pekan bersama, curhat tentang semua masalah tanpa perlu via telfon, via do’a, via freecall, via videocall, dan lain sebagainya. 

Tapi aku tahu kok, nggak semua orang yang tinggal dengan orang tuanya juga bisa demikian. Ada yang memang terhalang oleh suatu hal. Bukan bermaksud pencitraan, tapi memang jika nggak disempatkan untuk keluarga ya… nggak bakal bisa. Semua itu kalo sayang, bisa kok disempatkan. Sama halnya sayang pacar, secapek apapun kita, sesibuk apapun kita kalo ketemu sama pacar pastiii disempatkan. Iya nggak? Jadi buat keluarga jangan sampek lupa juga.

Memanfaatkan waktu guna digunakan dengan hal yang baik adalah ibadah. Bergiat juga ibadah. Tapi pada dasarnya, kita selalu mencari-cari kesibukan agar bisa menjadi orang yang manfaat. Sayangnya kita lupa bhawa menjadi manfaat adalah dengan hal-hal kecil didekat kita. Mengajak Mama olahraga misalnya. Surga itu susah dicari, tapi dekat didapatkan.

Setelah lari, kita beranjak ke Kodam. Yeaay! Ets, tapi… “Mbak! Dompet mama ketinggalan Mbak! Waduh, Mama nggak bawa sama sekali loo!”, sontak aku datar dengan ekspresi Mama. Biasa orang tua, lupaan. Untung aku bawa duit, walaupun cuman seratus ribu. Ya udah alhasil kita berangkat dengan Bismillah. Semoga duit seratus cukuplah buat beli beli wkwk. 

“Mbak, Umi (nenek aku, Ibuknya Mama) minta di belikan korset. Cukup gak ya uangnya”, “Insya allah cukup Ma. Di Kodam kan murah murah, wkwk”. Jahat banget aku yak, yang tua-tua dikasih yang murah-murah, haha. Oke, singkatnya kita dapet deh tuh celana korset seharga lima puluh ribu 2pcs, dan kaca spion dua puluh tujuh ribu, parkirnya tiga ribu. Duit aku di dompet tinggal dua puluh ribu guys, hahaha. Kagak jadi nih beli Roti John sama Mama. Ya udahlah, akhirnya kita beli siomay Bandung. Kita kan nggak tau nih harganya. Kita tanyalah sama si Bapak jualan. “Pak, Siomaynya lima ribuan dua yak, dibungkus”. “Nggak jual atuh Neng, dua belas ribuan kalo kita jual mah”. Eh si Mama ketawa ngakak. “Yaudah deh Pak, beli satu aja”. Heaaa.. malu dong gua. 



Selesai nge-date sama Mama sekitar jam tujuh an. Daan, bensinnya mepet hampir habis. Enyahlah malam ini, Hahaha. 



Terima kasih, kepada Tuhan dan Alam. Hari Kemarin semoga tidak menjadi terkahir. Amin paling Serius.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menderita Leptospirosis?

Faedah Quarantine Day.