Move On

Geli banget sih emang. Denger judulnya berasa gak berfaedah banget. Tapi gue akan coba untuk memberikan tips move on dari apapun ala gue. Pertama kita lihat dulu konteksnya. Move on dari apa? Okay, nggak usah basa-basi. Gue ambil suara terbanyak. Move on dari mantan atau orang yang pernah kita sayangi dan move on dari mimpi kita untuk menerima ketetapan dari Allah.

Bahas yang topic kedua dulu kali ya. Seperti yang udah gue sampekin sebelumnya. Kita hidup itu adalah karna udah garisnya. Semua dunia seisinya Allah lebih tau. Yang buat kita belum bisa ikhlas dengan takdir yang sekarang ada diri kita adalah emosi. Emosi terjadi apabila kita mempunyai keinginan atau harapan yang tidak terjadi. Rasa kecewa, kesal, sesal itu adalah yang kita namakan emosi.

Tapi kalo kita dari awal sudah berusaha belajar buat menerima dunia dan seisinya karna Allah, insya Allah kalo Allah rubah jalan kita, Allah ambil apa yang menjadi milik kita, Allah cabut nikmat dari diri kita, kita ikhlas. Kuncinya, Siapa kita? (Tau diri).

Allah nggak bakal kasih sesuatu yang nggak bisa kita laluin kok. Pasti bisa. Allah lebih tau batas kemampuan kita, jadi lu nggak usah sekali-kali nyoba bunuh diri. Lu bisa men, lu bisa. Ini bukan akhir segalanya. Justru ini awal dari perjalanan baru lu untuk ngebuktikan kekuatan dalam diri lu untuk hidup.

Semudah itu kok. Ngomongya. Njalaninya ya.. agak susah sih, hehe. Tapi sumpah ikhlas itu emang butuh proses. Nah proses itulah yang bakal mendewasakan kita. Intinya Allah mau lihat proses kita untuk menuju kata ikhlas.

Kedua, move on dari mantan. Cari aja kesibukan dan sugesti diri lu sendiri. Kalo gue mensugesti diri gue dengan ilfeel berat. Jadi nggak tau kenapa karna saking ilfeel nya sama dia, pas gue keinget apapun tentang dia, gue pasti mual dan pengen muntah. Gue batuk-batuk gak jelas gitu. Setiap kali inget dia. Setiap kali. Dan pasti.

Selanjutnya cari kesibukan. Sebenernya aib nih nulis artikel ini. Kedok gue kebuka ntar, haha. Ya udahlah gapapa, yang penting gue move onnya beneran gak boong. Cari kesibukan adalah hal favorit gue tiap kali gue harus move on. Gue harus terlihat asik dengan dunia gue dan nggak kebebanan ilangnya dia dari gue.

Misalnya, nih kita lengket banget sama handphone kita. Oke, pelan-pelan aja. Kita harus ciptain perubahan men, meskipun slowly. Dari yang ngestalk aktivitas doi harus dirubah ke baca-baca blog mungkin, atau ke youtube atau baca-baca artikel berfaedah. Atau dari yang suka nulis status galau, dirubah jadi mulai nulis artikel apa gitu, kayak gue misal, hehe. Atau bikin puisi, cerpen atau bahkan lu novelin tuh kisah cinta lu. Lumayankan berfaedah juga. Dari pada cuman nyampah di sosmed. Dari yang iri sama gebetan barunya, mungkin lebih good looking, ya lu rubah diri lu jadi lebih sehat. Misalnya jadi lebih sering olahraga, lebih perhatian sama tubuh kayak ngelakuin perawatan dan lain sebagainya.

Kalo bisa sih buat aktivitas yang menguntungkan diri sendiri gitu guys. Lebih bagus lagi kalo lu bisa menghasilkan sebuah karya dari galaunya lu. Nggak jaman banget gitu lo sekarang lu galau akut sedangkan banyak banget saudara kita di Palestine yang nagis karna ingin hidup. Oke, gue sadar gak nyambung. Tapi ironis nggak sih?

Mending kita bersyukur atas waktu luang yang di kasih Allah ke kita guna berkarya selagi bisa. Selagi muda. Selagi mampu. Buat hidup lu menarik guys, nggak itu itu aja. Nggak galau galau aja. Buat idup lu bermanfaat bagi orang lain. Setidaknya dari senyuman lu doang. Ada banyak orang yang ingin ada diposisi lu. Dan lu juga menginginkan ada diposisi orang lain. But guys, you’re beautiful with the way you are. Setiap manusia punya kecantikannya sendiri-sendiri.

Lu nggak usah cemas sama kecantikan orang lain yang nggak lu punya. Dan pingin lu punya. Karna teorinya sama kayak selera orang beda-beda. Belum tentu cantiknya seseorang yang ingin lu punya adalah selera jodoh lu nantinya. Sedang kita sendiri belum tau siapa jodoh kita. Jadi, ya udah, jadi diri sendiri aja. Yang mau nerima apa adanya lu, adalah emang dia yang bener-bener sayang sama lu, dan seleranya dia itu, ya emang elu. Simple kan? 

Ada banyak cara sebenernya buat move on. Mungkin lu lebih ahli dari pada gue. Ya seenggaknya lu tau apa alasan seseorang menyibukkan diri atau asik dengan dirinya sendiri. Ya.  Karna mereka masih sayang. Cinta nggak akan melemahkan lu guys. Semakin matang cinta yang lu punya semakin lu tau apa yang harus lu lakuin. Cinta itu membuat kita semakin kuat untuk bangkit. Bukan melemahkan kita lalu membuat kita cengeng.

Dan intinya adalah move on itu ikhlas. Ikhlas bisa dilakukin sama orang berhati besar, berpemikiran luas, dan dekat sama Allah. Yang dia pegang, yaudahalah ambil aja semuanya, termasuk dia yang gue sayang. Karna nyatanya yang bener-bener setia cuman Allah. Kehilangan dia, besok gue cari gantinya. Kehilangan Allah, sampek kiamat pun nggak ada gantinya.

Lu berharga. Lu istimewa. Lu cantik dengan apa adanya diri lu. Berhenti buat minder, berhenti sakit hati, berhenti galau dan mulai hargai diri lu sendiri. Sekali lagi, berhenti berkompetisi dengan kecewa dan mulai berdamai dengannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menderita Leptospirosis?

Surga itu Dekat, Bahagia itu Sederhana

Faedah Quarantine Day.