My Self more than 80 millions rupiah

Assalamualaikum… hai Sahabat Muda! Salam SEMPRO (semangat produktif) dari Surabaya! Jadi, apa kabar hari ini? Udah ngapain aja seharian ini? Hm atau udah mulai bosen sama hidup yang gitu – gitu aja? Oke kalo gitu gimana kalau kita sharing malem ini? Hm.. tentang apa ya?..
Okeh, gimana kalo tentang “Self Marketing” ? Seru gak? Oke kita coba aja ya…

Well, aku dapet materi ini ketika aku masih SMA tepatnya waktu ada pelatihan kepemimpinan selama satu minggu. Materi ini asik banget dibahas apalagi kalau jadi topik sharing di forum anak muda kayak kita gini. Self marketing sendiri adalah cara bagaimana kita menjual diri kita sendiri di masyarakat luas. *ups, ambigu banget sih yaa, wkwk.

Jadi gini, Self marketing adalah proses dimana anak muda sedang memberdayakan potensi yang ada pada dirinya untuk di jual ke public. 
Lo nggak bakal bisa hidup tanpa kreatifitas
Nah, ini adalah kata kunci yang mungkin bisa bantu kalian buat paham maksud aku.

Jadi apapun kita, sekolah di jurusan apa, profesinya apa, passionnya apa, berasal dari mana, semua itu nggak bakal bisa jadi jaminan kita buat bisa sukses di masyarakat. Kita kudu keluar dari zona nyaman, jangan ikuti arus yang sedang berjalan. Berdayakan semua potensi diri, gali kemudian kembangkan, dan wujudkan. It’s okay buat pelan – pelan. Slow banget juga gak apa, yang penting kita do it! 

Nggak tau kenapa, kalo ada free time aku paling nggak bisa buat diem. Adaaa aja yang pengen aku lakuin. Entah nulis, desain marketing parfum, bikin video, ngumpul dan sharing sama temen-temen muda lainnya, dan apapunlah yang bisa menghasilkan sesuatu. 

Aku nggak pernah kecewa ketika aku bermimpi untuk jadi seorang penulis, tapi nyatanya sampai detik ini nggak kelakon. Setelah aku evaluasi, bukan karna aku nggak do it. Tapi selama aku nulis dan mencoba mengembangkan kemampuan nulis aku lewat blog, sekarang aku jadi ngerti bedanya tulisan yang good dan yang b aja. Yang berfaedah dan yang unfaedah. Yang singkat tapi jleb (pesan dalam tulisannya kena banget) sama yang panjang belibet tapi nggak berisi bahkan mbosenin.

Itu semua adalah proses. Akan ada saatnya dunia itu nggak memberi nilai kamu berdasarkan kamu lulusan mana, kamu anaknya siapa, kamu punya IPK, raport, danem berapa. Yang dunia tanya saat itu sama diri kamu adalah “Kamu punya apa?”.

Nggak usah sombong saat dunia lagi tanya kek gitu. Itu justru waktunya kamu bungkam dan keluarin semuaaa rekapan proses kamu. *gila bahasa gue asik banget yak. 

Kalo selama ini kamu diem diem suka dunia desain, nggak tau desain komik, desain baju, desain furniture, etc. saat itu keluarin desain terbaik saat berproses kamu. Atau misal nih kek aku, udah lumayan banyak artikel di blog aku. Tapi nyatanya, aku cuman suka sama 2 judul artikel yang aku tulis. Ya udah, kalo ada pameran, ya ini yang bakal aku pamerkan.

Tapi… kalo sekarang kita nggak do something, terus ntar kita mau bungkam dunia pakek apaan? Jadi desainer jangan cuman desainer. Jadi pilot jangan cuman jadi pilot. Jadi taruna jangan cuman jadi taruna. Jadi dokter jangan cuman jadi dokter. Jadi perawat juga jangan cuman jadi perawat. 

Men! Ada ribuan juta orang yang seprofesi sama Lo! Yakin cuman gini gini aja? 
Jual kreatifitasmu! 

Maafin kepedeanku yang mampangin foto di samping cecan dan cogan diatas. Biar buluk, tapi semoga nular suksesnya. Wkwk. 


Kita kudu punya nilai jual yang tinggi. Dan kita kudu punya ciri khas yang mbedain antara kita sama yang lain walaupun seprofesi. Jadi perawat… ya jangan cuman jadi perawat! Matengin anatomi fisiologinya, PPGD-nya, soft killnya, komunikasinya, dan jangan jadi perawat yang tua dan ruwet. Perawat muda, asik, pinter, kekinian banget, gaul, perawat yang juga bisa nulis, perawat yang juga bisa bisnis, perawat yang juga bisa jadi konselor, konsultan, dan hal – hal yang wow gitu loh. Kita bisa, pasti bisa!

Kadang kita nggak bisa nuntut orang buat menyelesaikan tanggung jawabnya. Kadang ada alasan seseorang itu lari dari tanggung jawabnya. Setidaknya kalo aku tebak, hati mereka sedang tidak disana. Mereka sedang melakukan sesuatu dengan hati mereka. Sebuah karya yang dilakukan dengan hati, pasti pesennya sampek ke hati konsumen juga. Begitu juga sebaliknya, sesuatu yang dikerjakan tapi nggak ada hati disana, jangan berharap apapun deh dari sana.

Sesuatu kayak sampah tapi kalo diolah sama orang-orang tertentu yang punya hati disana bakal jadi tambang emas berlian. Dan saat ada harta tujuh turunan yang di olah sama orang-orang yang kerjanya nggak nyertakan hati disana, bisa aja bakal jadi bangkai tikus. 
“Jadi… Kreatifitas ada kalo ada hati disana”.

Label terbaik adalah bukan dari mana asalmu! Sekali lagi aku tegesin. Bukan dari SMA fovorit manakah, bukan dari Universitas besar manakah, tapi apa nilai jual kamu! Label terbaik adalah dirimu sendiri! 
Dan untuk mendapatkan label terbaik perlu adanya proses. Berproseslah dengan hati, lihat dimana passionmu, dan lakukan! Just do it!

Dan satu lagi, jangan pernah menarget hasilnya! Di dalam Self  Marketing ada 3 teori besar yang harus kita pahami :
How can I grow?
What can I give?
What can I celebrate?

Ketahui dulu di sector mana hatimu bisa menari, lalu pikirkan apa yang bisa kamu kasih pada dirimu sendiri kemudian rayakan prosesmu untuk menghargai karyamu sendiri!

Anak muda tuh ya kalo pakek 3 teori dari gua ini, insya Allah nggak bakal stress deh. Wkwk. Bisa aja. So… gimana sahabat muda? Asik? Aku nggak pro pro amat bahas beginian. Tapi semoga ini bisa bermanfaat buat kalian. Oh ya sering-sering deh stalker anak anak muda yang kreatif, insya Allah nular semangatnya ke kalian. Dari pada stalker mantan yakan? Haha. 

Good luck!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menderita Leptospirosis?

Surga itu Dekat, Bahagia itu Sederhana

Faedah Quarantine Day.