Matahari di Pure Bali

18.27 waktu indonesia bagian Bali. Pas huruf pertama gue nulis artikel ini. Gue nulis part ini waktu gue perjalanan pulang dari Bali. Gue pikir, Bali bakal jadi destinasi yang bikin gue kapok buat kesini lagi. Nyatanya, di hari terakhir pas banget waktu gue dan rombongan nyampek ke tempat wisata terakhir kita, gue bener-bener dapet dan nyampek ke ati gue tentang kata "Masya Allah".

Gue nggak jamin tulisan ini akan menarik buat kalian, karna tulisan ini berbau religi. Gue yakin banyak dari kalian adalah kaum muda-mudi yang nggak banget buat bahas kayak ginian. Tapi buat kalian yang mau baca gue berterima kasih banget.

Seperti yang kalian tau, Bali adalah pulau dengan seribu pura. Penduduknya yang mayoritas beragama hindu dan berdampingan hidup dengan gaya turis bourjouis membuat Bali bukan lagi seperti Indonesia, for me. Bukan arti tentang mereka gak kental dengan budaya Indonesia, tapi mungkin... apa ya, gue ngerasa asing aja. 

Bebas. Mungkin itu satu kata dari gue. Tapi setiap orang punya standar kata "bebas"nya masing-masing. Of course, bagi muslim bakal susah banget buat ibadah di pulau ini. Susah. Banget.

Gue jujur aja, gak bisa enjoy selama di Bali. Karna gue selalu khawatir tentang solat gue. "Sok alim?", Terserah. Intinya, ketika kalian melali ke Bali (jalan-jalan ke Bali), kalian harus mau usaha kerja keras buat nyempetin solat. Dimanapun. Asalkan tempat itu bersih. 

Kedua, kemana-mana lu harus bawa alat solat dan harus mau solat di tempat umum atau mungkin jadi sorotan umum. Asalkan lu dah pastiin ditempat itu bener-bener gak ada tempat solat. 

Hanya karna susah cari tempat solat, gue sampek-sampek kangen Surabaya. Lebay. Iya, emang. Intinya, gue bener-bener ilang mood selama liburan di Bali. 

Tapi, ternyata. Di hari ini, gue kek berasa ketampar saat gue masuk ke daerah Buleleng, Pura Ulun Danu, tepatnya di wisata Bedugul. Tapi gue gak masuk bedugulnya sih, gue masuk yang di Purenya. Apa tuh namanya, lupa gue. 

Terus sebelum gue sama pakdhe gue masuk, kita nyempetin buat makan soto di warung. Gue sangat amat ngempet banget kalo mau makan di Bali. Alasannya? Lu tau sendiri. Terus, gue lihat di warung itu ada tulisan arab "Bismillahirahmanirahim". 

Masuklah kita ke warung itu. Tapi waktu itu sepi, gak ada yang jaga sama sekali. Kata orang yang jual di sebelah warung ini, kita suruh nunggu aja. Karna yang jual masih solat. Wah, lega lah ati gue. Yang jual muslim. 

Sekitar 10 menitan, datenglah yang jual ini. Sambil senyum-senyum dan nanyain mau makan apa. Seketika gue terpesona sama penampilan si Ibu ini (yang jual). Beliau pakek jilbab dan aduh masya Allah ramah banget. 

Pas kita lagi diracikin sotonya, pakdhe gue tanya sama Ibu tadi. "Loh ibu muslim? Kok solat?", gue juga heran sih sebenernya sama pakdhe gue. Dah tau pakek jilbab gitu lo, kenapa harus tanya agama apa. Terus dijawablah dengan senyum sama si Ibuk ini. 

"Alhamdhulilah saya muslim". 

Ajorr. (Bahasa surabayanya hancur guys). Hati gue hancur maksudnya. Lu tau gak ekspresi si Ibu ini pas ngucapin kata-kata "Alhamdhulilah"? 

Beliau senyum bangga men. Adem rasanya. Gue pengen nangis di situ. Ibu ini, merasa bangga menunjukkan bahwa beliau adalah seorang muslim walaupun menjadi kaum minoritas di Bali. 

Beliau bangga menjadi muslim, disaat gue pengen menunjukan eksistensi gue ke publik. Di saat anak kota ingin bergaya bebas ala turis-turis bourjouis. Di saat anak anak muda, maaf, pengen lepas jilbabnya. Disaat kaum muda bangga keluar masuk clubbing.

Di saat orang - orang bangga punya sesuatu yang nggak orang lain punya, justru beliau bangga hanya karna beliau seorang muslim. 

Beliau bangga menjadi kaum minoritas disaat seribu Pure jejeg berdiri di sekitarnya. Sekarang gue sadar, bahwa sekental apapun suatu daerah dalam memeluk suatu agama, selalu ada Matahari disana. Walaupun sebagai kaum minoritas.

Tulisan ini, adalah pelajaran buat gue untuk lebih istiqomah njalanin ajaran islam. Semoga dengan ini gue gak lagi ngulur-ngulur waktu solat dan cari alasan kalo gue lagi perjalanan, hujan, kena macet, kemaleman, dsb saat ada adzan berkumandang.

Masjid ataupun musolah menjamur di tanah Jawa bahkan hampir di seluruh tanah Indonesia. Gak ada alasan "Allah Maha tau kalo kita dalam perjalanan" , justru "Allah Maha tau kalo kita dalam melalaikan".

Perjalanan gue kali ini di luar ekspektasi gue kalo gue bakal belajar tentang islam sebagai kaum minoritas. Tapi alhamdhulilah, Allah kasih gue gps yang rusak.

"Terkadang Lu perlu tau rasanya hidup tanpa GPS. Karna disitu Lu tau rasanya dari yang belum tau jadi tau"

Ini Ibu cantik yang bangga sebagai seorang muslim di tanah Bali. 

Sebenernya ini bukan cuman cerita tentang si Ibu cantik, tapi juga cerita dari desa muslim di tanah Bali.








Komentar

  1. Mantap 👍
    Sya respect bgt thd org yg kek gtu lah. Yg mau menyebar kebaikan di ceruk dakwah yg lain, di preman, kampus, organisasi umum, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdhulilah, semoga bisa bermanfaat ya mbak/mas, buat saya, anda dan orang banyak. amin. Jangan lupa di follow ya blognya, hehe terima kasih.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menderita Leptospirosis?

Surga itu Dekat, Bahagia itu Sederhana

Faedah Quarantine Day.