Mom jaman Now

21.34 WIB. Kamar Asrama. Malam yang ... Em, mayan dingin. Ujan deres dan pas banget buat nulis. Tangan kanan gue udah memar dan kaki kiri gue dah nyeri kepegelan. Sebenernya bukan karna acara tadi pagi sih, tapi karna dalam minggu ini emang hawanya udah nggak enak banget. Bawaannya mau sakit aja. Oke, kembali ke topik.

Jadi hari ini gue dikasih kesempatan lagi sama Allah buat ngerasain pengalaman baru yang menurut gue sanggat-sanggat berfaedah banget. Masya Allah, alhamdhulilah, dan sampek bingung gue gimana caranya bersyukur, saking ngenak banget ke diri gue. 

Jadi, kemarin waktu gue enak-enak bikin resume uji lab anatomi fisiologi, tiba-tiba gue dipanggil sama dosen dan harus segera berangkat ke kampus. Awalnya gue sangat-sangat badmood karna gue dah pw banget men. Sampek akhirnya gue denger bahwa gue disuruh ikut untuk acara Promkes(Promo Kesehatan) kakak tingkat ke salah satu sekolah dasar di Surabaya. dan gue langsung... Em... Waw.

Dari angkatan gue, hanya ada 8 orang yang dipilih sama dosen gue buat ikut acara itu. Dan menurut gue, kapan lagi kan? Ini kesempatan gue untuk bisa ngerasain langsung gimana rasanya terjun langsung ke masyarakat. Menurut gue, ini waktu gue untuk nggak lagi belajar teori, nggak lagi cuman duduk di bangku, dan nggak lagi ngawangin gimana ngadepin masyarakat sesungguhnya. Dan udah pasti bisa ditebak bakal banyak banget yang bisa gue ambil disana. Akhirnya gue ke kampus dan melakukan breffing bareng sama kakak tingkat dan para dosen.

Singkat cerita, Promkes itu ambil tema "Promosi makan buah dan sayur". Dari temanya sih menarik, karna disini tugas kita untuk mempromosikan anak-anak sd buat mau makan sayur dan buah dimana ini adalah makanan yang anti banget buat mereka. Apalagi dengan jaman now yang marak banget juncfood dan sejenisnya. Bahkan jarang banget anak-anak itu bangga ketika mereka doyan makan buah dan sayur, secara anak jaman now itu justru lebih bangga ketika mereka bisa makan makanan yang cepet saji, kek spagetti, burger, kentakynya MCD, KFC, dkk. Rasanya makan makanan yang cepet saji itu bagi mereka kelihatan gaul, update, (sorry) mampu, karna sumpah gue pernah ngerasain jadi mereka juga cuy. Boro-boro bangga, mau atau doyan makan buah dan sayur aja udah sangat alhamdhulilah.

Besoknya (hari ini), jam tujuh pagi kita otw ke target kita. Sesampeknya gue di sd ini, gue dan yang lain dah disambut sama anak anak sd yang lagi materi olahraga, roll depan, back roll, matras, dan guru olahraga yang perutnya buncit. Hehe, sorry bapak. Karna gue bener-bener flashback masa masa sd gue. Dan seketika gue baper, gue kangen. Gue kangen masa sd gue yang masih jauh dengan dunia gadget dan karakter individualisnya anak anak jaman sekarang. Kangen. Banget.

Persiapan selesai, materi mulai. Selama materi, gue sangat bersyukur banget karna antusias anak anak sd ini tepatnya kelas 5 sd, sangat-sangat bikin gue dan temen temen yang lain jadi bersemangat. Mereka aktif, ya walaupun sesekali fokus mereka ilang. Mereka ngikutin acara dengan sangat-sangat baik banget. Materi yang kita kasih berisi materi dari pembicara, games, evaluasi, pemberian souvenir, makan bersama plus cuci tangan. Mungkin kalo kalian lihat live insta gue, kalian bakal tahu sesi itu.


Terus pada intinya, anak anak sd ini jarang banget yang memperhatikan pentingnya sarapan. Ya iya sih, mereka tau apa tentang gituan. Taunya perutnya kenyang, laper, udah. Bahkan mereka juga nggak peduli sama semua yang mereka makan, entah ada sayur atau buah atau enggak. Tapi waktu gue masih sd juga sama kek mereka sih. Cuman! Cuman gengs, yang bener-bener bikin gue sangat prihatin banget itu saat gue denger pernyataan dari salah satu murid cewek disana.

Kita sedikit cerita-cerita tentang sarapan. Dan gue bisa ngerasa kalo dia ngerasa nyaman sama gue. Dia bisa cerita plong dan terbuka banget. Gue tanya sama dia kenapa kok dia ini nggak sarapan sebelum berangkat ke sekolah? Atau bawa bekal nasi ke sekolah? Atau emang dia enggak doyan sarapan.

Dan Lu tau nggak gengs, apa jawaban mereka. Gue yakin, siapapun kalian yang merasa masa kecil Lu beruntung kek gue, mungkin kalian bakal sangat amat bersyukur dan berterima kasih banget.

"Mbak, aku itu nggak sempet makan kalo sebelum berangkat sekolah. Biasanya aku makan di sekolah mbak waktu istirahat. Istirahatnya jam 9 pagi, kadang juga jam 10" . "Lo, kenapa nggak bawa bekal aja sayang?" . "Mama aku nggak mau masak mbak. Kata mama, mama repot, mama sibuk, mbak." . "Memangnya, mama bangun tidurnya jam berapa?" . "Jam 3 sih mbak, tapi mama nggak mau masak". 

Seketika gue kehabisan kata-kata. 

Sumpah gue nggak buat-buat ini cerita. Demi Allah ini nyata. Maksud gue, gimana ya. Miris aja. Ada banyak orang tua yang pingin punya anak dan berusaha memberikan yang terbaik bagi si anak terlepas mereka dari keluarga yang mampu atau berkecukupan atau menengah ke bawah. Tapi di lain sisi kehidupan banyak juga orang tua yang menurut gue, beliau-beliau ini kurang merasa bersyukur. Ya allah maaf banget. Karna sumpah gue miris sama jawaban ini anak. "Males, repot,sibuk". Mom jaman now. Gak mau ribet. Maksud gue, terlepas si ibu ini adalah wanita karir atau sibuk dengan pekerjaannya tapi menurut gue anak tetep nomor satu. Ini alasan yang menurut gue tega banget gitu lo. 

Terlebih mereka baru makan nasi setiap jam 9 atau jam 10 pagi. Dimana seharusnya sarapan itu dibawah jam 8 pagi. Karna kalo sarapan diatas jam 8 pagi, percuma gitu lo. Lu udah beraktivitas, dan mikir, dah kerja tapi ternyata nggak belum di isi energinya. 

Gue beryukur karna sejak kecil sampek hari ini, mama gue selalu mbontotin gue makanan dengan porsi yang banyak banget sampek bisa dimakan 3 kali pas disekolah. Waktu gue kecil, justru gue dan temen-temen gue sering tukeran lauk bekal kita, makan bareng di depan kelas sambil lesehan, ketawa ketiwi, dan percaya atau enggak kadang kita berebut punya lauk terbaik saat bawa bekal. Jaman dimana gue nggak peduli dengan berat badan gue. Dan jaman dimana gue bandel-bandelnya sama orang tua, terutama sama mama gue.

Dan sekarang, setelah gue denger pernyataan anak ini. Gue bertekad buat harus bisa masak. Jujur gue nggak bisa masak sampek sekarang. Gue pernah coba untuk belajar masak, tapi hasilnya failed dan justru gue putus asa. Karna menurut gue saat itu, masak adalah kelebihan yang Allah kasih dan nggak semua orang bisa. Tapi hari ini, tekad gue untuk harus bisa masak guna memberikan yang terbaik untuk anak gue di masa depan jauh lebih besar dari pada trauma masak gue. 

  Secara naluri cewek, gue calon ibu pasti pingin banget punya anak. dan ketika gue di kasih kepercayaan sama Allah, sudah pasti gue dan seluruh ibu dimasa depan selalu akan berusaha memberikan yang TERbaik untuk anaknya sebagai rasa syukur, terima kasih dan sayang kita sama Allah dan anak kita. Tapi... Hm, entahlah sampek sekarang gue masih nggak habis pikir aja sama cerita adek ini.

Ya, walaupun pembahasannya sedikit keluar dari tema Promkes gue hari ini, tapi gue bisa ambil hikmah yang luar biasa Waw nya. Hari ini gue pingin rasanya pulang dan meluk mama gue. Mulai belajar masak sama mama. Terlebih gue sangat amat berharap bahwa gue bisa menjadi rumah tua atau masa tua atau rumah masa tua bagi orang tua gue. Honestly, karna gue merasa gue nggak pernah bisa mengucapkan terima kasih dan sangat amat balas budi bahkan nyawa sama beliau. 

Jadi, buat kalian semua calon orang tua, asek. Plis. Lu lebih tau apa yang harus kalian lakukan. Dan yang terpenting orang tua lu. Eval lagi apa yang udah mereka kasih ke diri lu yang kadang nggak semua orang lain mendapatkan apa yang bisa lu dapetin dari orang tua kalian semua.

Kata kuncinya. "Bersyukur".

Sebelah kanan adalah adek dengan cerita mamanya yang nggak sempet bikinin sarapan untuk dia. Dan sebelah kiri adalah adek yang minta nomor wa gue. 



Oya satu lagi, bahasan receh dari gue. Gue nggak nyangka aja ada beberapa anak sd ini yang setelah acara ini selesai, mereka dateng ke gue dan minta nomor wa gue. Ya allah haha, receh.


Komentar

  1. W bingung bacanya, tpi fenomena momjamannow memang lgi "up" dan bagus buat ditulisin, asal tak sebut itu siapa wkwk...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menderita Leptospirosis?

Surga itu Dekat, Bahagia itu Sederhana

Faedah Quarantine Day.